www.domainesia.com

Mentraktir Teman Itu Sunnah Dan Sangat Dianjurkan Dalam Islam Jadi Jangan Takut Rugi Sebab Sering Traktir Teman Kau Ya!

Traktir, merupakan sebuah kata yang mungkin sering Kamu dengar dari seorang sobat dan kerabat terdekat mu. Dalam islam ternyata mentraktir sobat yaitu sebuah ibadah yang sanggup mendatangkan pahala. Islam sangat menganjurkan traktir sobat dan membagikan masakan ke orang lain.

Mentraktir Teman Itu Sunnah Dan Sangat Dianjurkan Dalam Islam Jadi Jangan Takut Rugi Sebab Sering Traktir Teman Kau Ya!

Bahkan Nabi Muhammad SAW saja hingga bersabda mengenai hal yang satu ini. Menurut hadits yang diriwayatkan didalam Ash-Shahihain dan selainnya, dari Abdullah bin Amr radhiallahu ‘anhu, bahwasannya seseorang bertanya pada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“Apakah amalan yang paling baik didalam Islam?” Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Memberi makan, mengucapkan salam kepada orang yang dikenal maupun yang tidak dikenal” (HR. Muslim)

Dan Rasulullah pernah bersabda, “Wahai sekalian manusia, tebarkanlah salam di antara kalian, berilah makan, sambunglah tali silaturahmi dan shalatlah dikala insan tidur malam, pasti kalian akan masuk nirwana dengan selamat.” (Shohih. Riwayat Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad)

Nah jadi menurut hadits tersebut, mentraktir sobat atau orang lain sanggup mendapat pahala yang besar, dan seharusnya kau juga perlu bersyukur. Jika kau sanggup menraktir orang berarti Allah sudah menawarkan rejeki lebih. maka tidak ada salahnya untuk menyebarkan dengan orang lain apalagi sama anak yatim.

Tapi ingat, Allah Akan menawarkan jawaban tergantung kadar niat, jangan pernah merasa terpaksa atau merasa rugi. Allah tidak memandang siapa yang kita traktir, apa ia miskin atau kaya, keluarga atau bukan, sobat atau bukan teman. Jika semua Kamu lakukan secara lapang dada tanpa unsur Riya. maka pahala traktir sanggup kau dapatkan. Yang penting traktiranya itu berupa masakan dan minuman halal .

Apakah Anda Tahu dengan mentraktir atau memberi makan orang lain termasuk amal jariyah yang sangat besar, dan apakah Anda juga sadar bahwa orang renta kita sedang Panen pahala Anda alasannya yaitu merekalah kita ada alasannya yaitu merekalah kita sanggup melakuakan amal jariyah menawarkan makan orang lain.

Kunci Utama Dalam Mentraktir Orang

Dalam mentraktir orang jangan sembarangan sebagaimana sabda Rasulullah,

“… janganlah memakan makananmu kecuali orang yang bertakwa.” (Abu Daud, no. 4832; Tirmidzi, no. 2395)

Artinya kalo orang yang bertakwa yang kita traktir apabila orang tersebut makin besar lengan berkuasa atau makin ulet ibadahnya maka ajaran pahala ibadah orang tersebut akan mengalir ke kita juga. Berbeda dengan mentraktir jago maksiat malah akan berbahaya bagi kita kalo seandainya ia melaksanakan maksiat, kecuali Anda tidak tahu .

Kalo Anda lapang dada dan tanpa riya dalam melakukannya maka Allah akan membalas dengan pahala yang sangat besar dikutip dari islamidia.

Jadi, rajinlah mentraktir dan menawarkan hal yang positif kepada orang lain, alasannya yaitu hal ini termasuk cuilan Sedekah sebagai mana kata Nabi :

Tidaklah sedekah itu mengurangi harta, dan tidaklah Allah menambah bagi seorang hamba dengan donasi maafnya (kepada saudaranya) kecuali kemuliaan, serta tidaklah seseorang merendahkan diri di (hadapan) Allah kecuali Dia akan meninggikan (HR Muslim).

Dan yang paling utama, kebiasaan berinfak (Suka mentaraktir orang lain) sanggup Meredam kemurkaan Allah dan mencegah dari maut yang jelek sebagai mana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Dari Anas ra, bahwa Rasulullah Saw bersabda : “Sungguh sedekah sanggup meredam marah Allah dan mencegah dari maut yang buruk” (HR. Tirmidzi)

Sungguh besar manfaat dari mentraktir ini, yuk beri makan orang lain degan mentraktir Selamat menikmati indahnya bersedekah.. insyaAllah hidup Anda barokah dan selamat dunia akhirat.. amiin

Demikianlah pokok bahasan Artikel ini yang sanggup kami paparkan, Besar cita-cita kami Artikel ini sanggup bermanfaat untuk kalangan banyak Karena keterbatasan pengetahuan dan referensi, Penulis menyadari Artikel ini masih jauh dari sempurna, Oleh alasannya yaitu itu saran dan kritik yang membangun sangat dibutuhkan biar Artikel ini sanggup disusun menjadi lebih baik lagi dimasa yang akan datang

Sumber : Berbagai Sumber Media Online  

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama

BISNIS FUN

20rb
Tuyul Online