www.domainesia.com

Kerusakan Akhlak Dan Mental Anak Penyebabnya Yakni Para Ayah?

Sering kali kaum ibu lah yang dituding sebagai penyebab kerusakan susila anak, para ayah sering kali berlepas tangan mengenai urusan anaknya alasannya ialah merasa sudah terlalu lelah dan sibuk bekerja.

Kerusakan Akhlak Dan Mental Anak Penyebabnya Yakni Para Ayah?


Sehingga banyak ayah yang menganggap dirinya berhak menyalahkan istrinya jikalau terjadi sesuatu hal jelek pada anak-anak.

Baca : Info Jasa Sedot Wc Kota Medan

Padahal, Ibnu Qoyyim radiyallahu 'anhu dalam kitab Tuhfatul Maudud secara tegas menyatakan bahwa penyebab utama rusaknya sebuah generasi ialah alasannya ialah ayah.

Beliau mengatakan, “Betapa banyak orang yang menyengsarakan anaknya, buah hatinya di dunia dan alam abadi alasannya ialah ia tidak memperhatikannya, tidak mendidiknya dan memfasilitasi syahwat (keinginannya), sementara ia mengira telah memuliakannya padahal ia telah merendahkannya.

Dia juga mengira telah menyayanginya padahal ia telah mendzaliminya. Maka hilanglah bagiannya pada anak itu di dunia dan akhirat. Jika Anda amati kerusakan pada anak-anak, penyebab utamanya ialah ayah”.

Pernyataan Ibnu Qoyyim ini perlu dijadikan materi introspeksi untuk para ayah, sudahkah melakukan tugas dengan baik dan benar selaku kepala rumah tangga?

Apakah para ayah menyadari tugas vitalnya untuk anak-anak, baik anak laki-laki maupun anak perempuan.

Penelitian Ilmu Psikologi menemukan bahwa tugas ayah sangat besar dalam menumbuhkan rasa keberhargaan dalam diri anak, baik laki-laki maupun wanita.

Salah satu sisi pengaman anak perempuan semoga tidak gampang terjebak dalam seks pranikah ialah kedekatan dengan sang Ayah. Dia membutuhkan figur seorang laki-laki yang baik, pengasih dan penyayang.

Anak perempuan pertama-tama mengenal “dunia” laki-laki dari sang ayah. Dia mendapat identitas seksual sebagai perempuan dari sang Ayah yang memperlakukan ia sebagai anak putri dengan baik.

Selain itu, ada dua penelitian lainnya yang menunjukkan hubungan antara rusaknya susila anak dengan tugas sang ayah.

Melansir dari majalahummi, Dr. Tony Ward dari University of Melbourne, Australia, dalam penenelitiannya, para periset mewawancarai 55 laki-laki yang dipenjara alasannya ialah penganiayaan terhadap bawah umur dan 30 laki-laki yang dipenjara alasannya ialah terlibat kasus pemerkosaan.

Baca Juga : Cara Praktis Buat Website


Mereka diminta menawarkan persepsinya terhadap hubungan mereka di masa kanak-kanak dengan ayah dan ibunya. Sebagai perbandingan, para peneliti juga mewawancarai 32 laki-laki yang dipenjara alasannya ialah kejahatan kriminal dan 30 laki-laki yang dipenjara bukan alasannya ialah kekerasan atau kejahatan seksual.

Lebih lanjut, para pemerkosa dan pelaku penganiayaan bawah umur ini, rata-rata menggambarkan ayahnya bersikap “menolak” dan “kurang konsisten” ketimbang ibu mereka.

Dari sini Ward menyampaikan terang sekali bahwa perilaku dan kebiasaan yang dimiliki para ayah mempunyai efek besar lengan berkuasa terhadap pertumbuhan anak-anaknya, terutama terhadap para pelaku kejahatan seksual dan penganiayaan anak-anak.

Penelitian wacana ‘keayahan’ juga dilakukan oleh Melanie Mallers, ajudan profesor di California State University di Fullerton. Dalam studi tersebut, Mallers dan rekannya meneliti 912 laki-laki remaja dan perempuan – usia 25-74 tahun – melalui telepon wacana tingkat stres mereka selama delapan hari

Temuan penelitian disajikan hari Kamis pada konvensi tahunan American Psychological Association di San Diego. Pria yang cenderung bereaksi negatif terhadap stres setiap hari melaporkan bahwa sebagai bawah umur mereka sangat sedikit kehangatan dari ayahnya, sedikit pinjaman dan kasih sayang.

Mereka tidak hadir secara fisik bagi anak-anaknya dan tidak menciptakan bawah umur merasa percaya diri, mereka juga tidak terlibat dalam kehidupan anak-anaknya secara keseluruhan.

Hasil penelitian ini seolah menunjukkan betapa tugas ayah sangat penting dalam mendidik anak-anaknya. Maka, wahai ayah... kembalilah ke rumah dan nikmatilah kebersamaan dengan bawah umur yang merindukan sosok seorang ayah di sisi mereka


sumber : tipsdokter

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama

BISNIS FUN

20rb
Tuyul Online