www.domainesia.com

Sadarilah, Uangmu Milik Istrimu Tapi Uang Istrimu Bukan Milikmu

Dalam berumah tangga, seorang suami berkewajiban untuk menafkahi keluarganya. Sehingga merupakan hal yang lumrah bila suami lebih banyak yang bekerja bila dibandingkan dengan wanita. Walau demikian, tak tutup kemungkinan bila seorang perempuan juga bekerja serta bahkan jadi tulang punggung keluarga. (Gambar Cover Hanya sebagai Ilustrasi)


Idealnya seorang suami serta istri saling pundak membahu penuhi kebutuhan rumah tangga. Apabila suami memperlihatkan nafkah, jadi sang istri yang mengatur keuangan. Tetapi, terkadang nafkah yang diberikan oleh suami tidak cukup untuk penuhi kebutuhan hidup sehari-hari sampai hasilnya sang istri turut bekerja untuk membantu suami. Begitu, sang istri bakal mempunyai penghasilannya sendiri.

Lalu, bagaimanakah aturan penghasilan istri? Berhakkah seorang suami untuk mengambil upah istrinya? Serta, wajibkah istri memberi sebagian penghasilannya untuk penuhi kebutuhan rumah tangganya? berikut ulasan selengkapnya. 

Berdasarkan fatwa ulama, disepakati kalau bila pendapatan atau upah suami yang juga jadi hak untuk istrinya, jadi tidak sama perihal dengan upah istri dari pekerjaan yang dilakukannya yaitu punya istri serta tak ada hak untuk suaminya sedikitpun. Kecuali bila sang istri dengan nrimo memberikannya untuk membantu atau menopang keuangan keluarga. 

Jika seorang suami memakan harta punya istri tanpa ada sepengetahuannya, jadi sanggup dikatakan kalau ia berdosa. Seperti firman Allah Ta’ala
“Janganlah mengonsumsi harta orang lain di antara kalian dengan cara batil” (QS. An-Nisa : 83)
Waktu seorang olok-olokan pertanyaan pada Syaikh ‘abdullah bin ‘Abdur Rahman al-Jibrin mengenai aturan suami yang mengambil duit punya istrinya untuk kemudian dipadukan dengan uangnya.
 
Kaprikornus Syaikh al-Jibrin memberikan kalau tak disangsikan lagi kalau istri lebih mempunyai hak dengan mahar serta harta yang ia punyai, baik lewat perjuangan yang dikerjakannya, warisan, hibah serta harta yang ia punyai. Kaprikornus itu yaitu hartanya serta jadi kepunyaannya. Hingga dialah yang paling mempunyai hak untuk lakukan apa sajakah dengan hartanya itu tidak ada campur tangan dari pihak yang lain. 

Seseorang perempuan mempunyai hak untuk keluarkan hartanya untuk kebutuhannya atau untuk sedekah, tanpa ada mesti memohon izin pada suaminya. Serta di antara dalilnya yaitu hadist dari Jabir kalau Rasulullah SAW berceramah dihadapan jamaah wanita, dia berkata
“Wahai beberapa wanita, perbanyaklah sedekah, alasannya saya lihat kalian yaitu sebagian besar penghuni neraka. ” Hingga, beberapa perempuan itupun berlomba menyedekahkan tambahan mereka serta mereka melemparkannya di baju Bilal (HR. Muslim) 

Hingga, jikalau seseorang istri menginginkan bersedekah, jadi orang yang paling penting mempunyai hak terima sedekahnya itu yaitu suaminya sendiri serta bukanlah orang lain. Seperti dijelaskan dalam satu hadist dari Abu Sa’id ra. 

“Dari Abu Sa’id al Khudri ra berkata kalau, “Zainab, istri Ibnu Mas’ud tiba memohon izin untuk berjumpa Rasulullah. Beliau olok-olokan pertanyaan, “Zainab yang mana? ”. Lalu ada yang menjawab, “Istrinya Ibnus Mas’ud. ” Serta Rasulullah menyampaikan, “baik, izinkanlah dirinya”. Kaprikornus zainab juga berkata, “Wahai nabi Allah, Hari ini engkau memerintahkan untuk bersedekah. Sedang saya mempunyai tambahan serta menginginkan bersedekah. Tetapi, Ibnu Mas’ud memberikan kalau dianya serta anaknya lebih mempunyai hak terima sedekahku. ” Lalu Rasulullah bersabda, “Ibnu Mas’ud berkata benar. Suami serta anakmu lebih mempunyai hak terima sedekahmu. ” (HR. Imam Bukhari) 

Bahkan juga, dalan hadist yang lain dijelaskan kalau Rasulullah berkata kalau, “Benar, ia memperoleh dua pahala yakni pahala merajut tali korelasi serta pahala sedekah.
Tentang hadist di atas, Syaikh Abdul Qadir bin Syaibah al Hamd memberikan kalau pelajaran yang sanggup di ambil yaitu : 

#1. Seseorang perempuan diijinkan untuk berinfak pada suaminya yang miskin.
#2. Suami yaitu orang yang paling penting untuk terima sedekah dari istrinya dibanding orang lain.
#3.Istri diijinkan untuk berinfak pada anak-anaknya serta kaumkerabatnya yg tidak jadi tanggungannya.
#4. Sedekah istri yang sekian yaitu bentuk sedekah yang paling penting.
Sekianlah klarifikasi wacana pendapatan istri. Hingga sanggup disebutkan kalau pepatah yang memberikan “uang suami yaitu punya istrinya, sedang duit istri yaitu punya istri” tidaklah satu kalimat kosong tanpa ada arti. 
 
Sebab, semua telah diterangkan dalam Islam kalau hal itu benar ada.
Dengan hal tersebut, mudah-mudahan beberapa suami sanggup adil memperlakukan pendapatan istri dengan tak mengambil harta istri tanpa ada keridhoannya. Serta telah semestinya seseorang istri berlaku bijak bila mempunyai harta atau pendapatan melebihi suami.
Sumber : jadzab.com

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama

BISNIS FUN

20rb
Tuyul Online