www.domainesia.com

Pesan Yang Tersirat Dr. Shigaeki Hinohara (Dokter Dengan Usia 103 Tahun) Yang Mau Menyadarkan Kita Tentang Hidup


Dr. Shigeaki Hinohara merupakan salah satu dokter terlatih di Jepang dan di dunia. Dedikasi, pengalaman, dan pengetahuannya di bidang kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Saat ini, usianya sudah lebih dari satu kurun.

Menurut Shigeaki; cara makan dan makanan yang dimakan berpengaruh kepada kesehatan seseorang, terutama untuk menjaga kesehatan tubuh semoga mampu melakukan pekerjaan secara tepat. Itu sebabnya, meski usianya telah menginjak 103 tahun, dia masih mempunyai fisik yang prima dan selalu terlihat bugar. Dia juga sukses menjaga berat badannya supaya tetap ideal, adalah berada di kisaran angka 60 kg sejak berusia 30 tahun.

Berikut 12 nasihat Shigeaki Hinohara yang perlu kita perhatikan supaya mempunyai tubuh sehat dan panjang umur:

1. Energi bersumber dari perasaan yang bagus, bukan dari makan banyak atau tidur terlalu banyak. Ketika kau masih kecil, hal yang paling kamu sukai ialah bermain dan bermain, iya kan? Bahkan, kau sampai lupa waktu makan dan tidur. Menurut Shigeaki, orang dewasa juga perlu hidup dengan cara mirip anak-anak, tak ada hukum jam makan atau jam tidur.

2. Setiap orang dengan usia melebihi 100 tahun punya berat badan yang ideal. Apapun jenis kelaminnya, negara, atau rasnya, siapa pun dengan umur melebihi 100 tahun punya satu persamaan. Mereka tidak mengalami keunggulan berat tubuh. Dikarenakan mereka sangat mengamati apa yang dia makan dan cara beliau makan.

3. Makanan itu penting. Ini hidangan kuliner Dr Shigeaki: Untuk sarapan, dia minum segelas jus buah dengan satu sendok minyak zaitun. Segelas susu yang dicampur dengan abu kacang dan pisang. Untuk makan siang, ia minum susu dengan 2-3 keping biskuit atau tidak makan ketika dia sedang sibuk. "Saya tidak pernah merasa lapar dikala sedang melakukan pekerjaan alasannya adalah aku fokus," kata Shigeaki. Untuk makan malam, beliau makan buah atau ikan dan nasi, serta daging bebas lemak (2 kali sepekan).

4. Sibukkan waktumu. Kegiatan Shigeaki terbilang sungguh sibuk. Selain berkala bekerja di rumah sakit, dia juga aktif mengajar. Menurutnya, pensiun ialah sesuatu yang tidak perlu. Tapi jika kau ingin pensiun, sebaiknya kerjakan ketika usiamu lebih dari 65 tahun.

5. Jangan terlalu mudah mengambil keputusan untuk operasi. Jika seorang dokter menyarankan untuk melaksanakan operasi atau mekanisme tertentu, tanyakan padanya apakah dia akan melaksanakan hal yang sama pada anak dan istrinya. Menurutnya; para dokter tidak bisa menyembuhkan semua jenis penyakit. Jadi, jikalau operasi tidak sungguh-sungguh dibutuhkan, sebaiknya lakukan sistem penyembuhan lain, mirip terapi binatang atau musik.

6. Pilihlah tangga daripada lift dan bawa barang belanjaanmu sendiri. "Ketika saya menaiki tangga, aku senantiasa melompati dua anak tangga sekaligus dalam satu pijakan. Cara ini melatih otot-otot kaki. Saya mencoba untuk berlangsung antara 2.000 sampai 2.500 langkah saban hari."

7. Rasa sakit yaitu hal yang sangat misterius. Cara terbaik untuk mencegah atau menghilangkan rasa sakit ialah dengan menyingkirkannya. Sesederhana itu? Ya, kerjakan hal-hal yang meyenangkan. Kita sering mengabaikan kekuatan "otak" dan tidak tahu bagaimana menggunakannya dengan benar. "Gunakan otak Anda!" tegasnya.

8. Jangan cemas! Mengkhawatirkan sesuatu tidak dapat menyesaikan problem. Apalagi jikalau itu berkaitan hal-hal yang bersifat materil, seperti duit, rumah, pakaian yang kamu pakai, atau mobil yang ingin kau miliki. Ingatlah, dikala kamu mati, benda-benda tersebut tidak kau bawa.

9. Sains tidak menyembuhkan seseorang. Harus senantiasa dikenang, bahwa setiap orang itu berlainan. Namun umumnya sains memperlakukan siapa pun dengan cara yang sama. Contohnya, dengan resep obat yang sama dan jenis penyakit yang sama, ternyata proses penyembuhannya berlawanan.

10. Temukan orang yang menjadi panutan hidupmu. Setiap orang pasti memiliki sosok idola atau yang memberi ide hidupnya. Carilah seseorang yang mampu kamu teladan. Entah itu ayahmu, artis populer, atau siapa saja itu.

11. Hidup sarat dengan insiden dan potensi . "Pada Maret 1970, ketika berusia 59 tahun, saya piknik dari Tokyo ke Fukuoka. Pesawat yang aku tumpangi dibajak oleh partai komunis Jepang. Saya mesti menghabiskan empat hari terikat kursi, dengan suhu 40 derajat celcius. Dan aku melihat ini sebagai percobaan. Namu saya teringat bahwa aku ialah seorang dokter. Rasanya cukup menakjubkan melihat cara organisme insan bereaksi menghadapi krisis."

12. Menyenangkan punya umur panjang. Dr Shigeaki Hinohara mendedikasikan nyaris seluruh hidupnya di bidang sosial. Meski berusia 103 tahun, ia mengaku bisa melakukan pekerjaan selam 18 jam sehari selama sepekan sarat . "Dan saya sangat menikmati setiap menit yang saya lalui," ujarnya. (brilio)

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama

BISNIS FUN

20rb
Tuyul Online